Senin, 27 Juli 2015

PERMAINAN RAKYAT

1. Main Jaran 

 

Dikenal juga dengan istilah pacuan kuda. Kalau di daerah lain yang menjadi joki biasanya remaja atau orang dewasa, maka di Sumbawa jokinya adalah anak-anak. Main jaran biasanya diadakan setelah selesai panen atau pada event-event tertentu pada hari-hari besar nasional dan lain-lain. Pesertanya berdatangan dari seluruh kecamatan bahkan dalam perkembangannya ada juga undangan dari daerah lain. Kepada pemenang diberikan hadiah yang besar dan menarik. Fungsi sosial ekonomi sangat menonjol mengingat bahwa main jaran adalah hasil kerja orang banyak dan menjadi ajang silahturahmi bagi masyarakat. Dari segi ekonomi nilai jual kuda pemenang akan menambah tebal pundi-pundi bagi pemilik.

2. Barapan Kebo 

 

Barapan kebo umumnya dimainkan oleh remaja dan orang dewasa. Dilaksanakan sebelum membajak sawah, menggunakan sepasang kerbau jantan yang dipacu sedemikian rupa sehingga tepat sasaran yaitu saka. Aturan permainan sudah ada sejakdahulu, hanya saja telah dimodifikasi sesuai perubahan zaman dan sesuai kesepakatan. Seperti juga pada main jaran, pesertanya sangat banyak berasal hamper dari seluruh kecamatan yang ada. Kerbau barapan diberi hiasan khusus di kepala. hadiah-hadiah besar dan menarik menanti para pemenang.

3. Karaci  

 

Karaci berarti memukul secara terus-menerus menggunakan alat pemukul. Dimainkan oleh laki-laki. Diadakan untuk memeriahkan perayaan hari-hari besar, daur hidup. Dilaksanakan di lapangan terbuka dengan arena berbentuk lingkaran. mirip dengan prisean di Lombok. fungsi sosial ekomoninya cukup tinggi karena ada bentuk kerjasama antar kelompok masyarakat dan arena tempat diadakan biasanya dipenuhi pedagang kecil.

4. Barempuk Disebut juga baranak bawi. 

 

Barempuk artinya saling mamukul menggunakan tangka ibulir padi yang telah dipotong di sawah. Dilakukan oleh dua orang lelaki kekar dengan kekuatan berimbang. Dilakukan di tengah sawah saat petani masih panen. Suasana gembira tetap mewarnai permainan walaupun kekuatannya saling memukul. Dilaksanakan sebagai selingan dalam kegiatan Mata Rame dll. Fungsi social ekonominya sama dengan karaci.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar